Jumat, 26 Februari 2010

Hari ini Disdik Kepri Gelar Try Out serentak

Reporter : Arment

SIJORI MANDIRI-Menjelang ujian nasional (UN) yang akan dilaksanakan serentak pertengan Maret 2010 mendatang, peserta UN tingkat SD/MI, SLTP dan SLTA se provinsi Kepri, hari ini, Selasa (19/1) mengadakan try out UN serentak diselenggarakan di masing-masing sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Drs H Arifin Nasir, beberapa hari lalu mengatakan, bila pelaksanaan try out UN secara serentak ini diharapkan para siswa dapat mengerjakan soal try out dengan baik. Karena hasil try out, merupakan gambaran dari kesiapan para peserta UN secara rill. Makanya ia berharap agar siswa mengerjakan soal sebisa mungkin menjawab soal secara sungguh-sungguh.

Karena, katanya, meski yang dilaksanakan ini bukan UN sungguhan, tapi cara-cara pengisian identitas dan jenis soal yang dibahas pasti banyak kesamaannya. “Kita mengharapkan para siswa bisa mengikuti try out ini secara serius sehingga pada UN yang akan digelar Maret nanti bisa berjanlan dengan baik," ujar Arifin.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 12 Batam, Drs Guswandinata, mengatakan, try out UN bagi siswa SMPN 12  Batam sudah dilaksanakan beberapa kali dan ujicoba ini hasilnya ada peningkatan. Meski meteri yang diberikan lebih diperlengkap lagi.



Sama halnya dengan SMPN 29 Batam, siswanya telah siap menghadapi try out serentak ini. Karena dengan mengikuti try out, diharapkan para siswanya jauh lebih siap mengikuti UN yang akan dilaksanakan pada bulan Maret yang akan datang.
Menurut Kepala Sekolah SMPN 29 Batam, Sularno, SPd, dengan adanya try out serentak oleh Disdik ini diharapkan dapat memotivasi siswa agar mencapai nilai UN yang tinggi. Disamping itu juga dengan banyaknya try out tentu akan merangsang otak siswa. Sehingga siswa diharapkan sudah terbiasa untuk mengerjakan soal-soal UN dan menjawabnya dengan baik.

"Hasil dari Try out nanti akan kami analisa dan akan diinformasikan kepada orang tua siswa sehingga para orang tua pun  menjadi tahu kemampuan putra-putrinya  dalam menjawab soal-soal UN dalam try out ini," kata Sularno.

Begitu pula kata Sularni, bagi siswa yang mendapatkan nilai try out yang kurang memuaskan, pihaknya akan memberikan proses “driling” dimana guru memberikan remedial dan latihan-latihan soal sampai siswa yang bersangkutan memahami betul materi yang diujikan.
"Memang butuh kesabaran dari para guru untuk membimbing siswa. Namun tak masalah, karena hasilnya nanti akan kita rasakan. Makanya kita harapkan peran serta orang tua sama-sama mengawasi cara belajar anak di rumah," kata Sularno lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar